Monday, March 9, 2015

Isi Khutbah Jum'at

Tahukah engkau apakah harta yang paling berharga di dunia ini? Nabi bersabda, “dunia dan seluruh isinya adalah berharga; tetapi yang paling berharga di dunia ini adalah seorang wanita yang bijak”. Itulah sebabnya Nabi menganjurkan agar kau memilih wanita untuk jadi istrimu karena kebijakannya, karena boleh jadi kau memilih istri karena harta kekayaannya, karena kecantikannya, dan karena nama besar silsilahnya. Tiga dari empat alasanmu memilih istri akan pudar bahkan akan menjadi petaka, tinggal satu yang tetap tertinggal setia menemanimu, yaitu kebijakan istrimu.

Dan saat ini, wanita yang ada disampingmu, apapun pertimbangan kau memilihnya  sebagi istri, ia adalah istrimu. Adalah kewajibanmu saat ini memperlakukan dan mempergaulinya dengan baik; dengan memberikan apa yang menjadi hak mereka. Sabda Nabi,”Berilah dia makanan yang kamu makan, dan berilah pakaian dengan apa yang kamu pakai, dan jangan tampar dia di wajah atau menyiksanya, jangan pisahkan diri darinya karena kecewa.”

Seiring waktu, akan banyak riak gelombang yang akan menggoncang bahtera rumah tanggamu. Pertengkaran kecil dan besar, ketidakcocokan pendapat dalam menentukan arah perjalanan rumah tangga akan kerap terjadi. Kamu akan melihat beberapa kekurangan mencolok pada istrimu yang dahulu tidak pernah kau merasakannya. Inilah saat keteguhanmu sebagai suami akan teruji. Nabi yang selalu menghendaki agar kau selalu bisa menjaga keutuhan rumah tanggamu. Sabdanya dari beberapa tuntunannya: “Seorang muslim dilarang membenci istrinya, dan jika dia tidak senang dengan satu sifat buruk dalam dirinya, maka hendaknya dia menyenangi sifat lain yang bagus; Sabdanya yang lain, “Berilah peringatan kepada istrimu dengan kelembutan.”

Sebisa mungkin, apapun  alasannya hendaknya kau hindari perceraian dengan istrimu. Boleh jadi Allah membenarkan dan menerima alasan engkau menceraikan istrimu, akan tetapi itulah satu peristiwa yang benar tapi Allah benci terhadapnya. Adalah Nabi Saw sungguh sangat berpihak dan memberikan perlindungan kepada wanita-wanitamu yang baru kauceraikan. Dan menjadi kebajikan bagi orang tua di mata Allah apabila ia memperlakukan baik putrinya saat ia kembali karena baru diceraikan suaminya. Dan ini adalah sabda Nabi, “tidaklah aku jelaskan kepadamu kebajikan-kebajikan yang terbaik? Ia adalah perbuatan baikmu kepada anak perempuanmu ketika dia kembali padamu setelah bercerai dengan suaminya”.

Tidak kah kau pertimbangkan apa yang telah dilakukan istri-istrimu terhadapmu? Ia telah korbankan segalanya untukmu; keremajaannya, kecantikannya, keceriaannya bahkan harta miliknya yang paling berharga sekalipun. Engkau yang bekerja pagi hari, pulang sore hari, nyatanya istrimu bekerja tanpa jeda, pagi, siang, sore, malam, bahkan tengah malam sampai pagi lagi. Ia yang yang selalu mendoakanmu selamat dalam setiap perjalanan, hatinya yang bersedih saat tiada kabar kau telat pulang, ia yang selalu menantikanmu kembali sepanjang hari hidupnya.

Atas ketulusan dan kebajikannya itu, maka mudah sekali syarat baginya memegang kunci surga. Inilah sabdanya, ”Ketika seorang wanita melakukan sholat lima kali sehari, dan berpuasa di bulan Ramadhan, dan suci, dan tidak melawan suaminnya, maka suruhlah dia masuk surga melalui pintu manapun yang dia suka”. Dialah wanita terbaik di mata Allah, sabdanya, “wanita terbaik adalah yang bijak; mereka yang paling mengasihi bayi mereka, dan paling berhati-hati dengan hak milik suaminya”.

Tidak ada keberuntungan apapun di dunia ini sebelum kita harus terlebih dahulu melewati berbagai kegetiran dan kesusahan dalam hidup. Dan tidak ada kesempurnaan yang menghiasi diri ini melainkan segenap watak dan perilaku baik dengan segenap pengorbanan yang sudah kita persembahkan untuk kehidupan ini. Tidak kah kita ingin menjadi muslim sempurna? Dalam hal ini, bersikap baiklah terhadap istrimu. Nabi bersabda, ”Dia adalah muslim yang paling sempurna yang memiliki watak terbaik; dan yang terbaik di antara kamu sekalian adalah mereka yang bersikap paling baik kepada istri-istrinya. Dan semoga kesempurnaan kita dilengkapi dengan seorang istri yang bijak mendampingi kita setiap waktu. Sabdanya lagi”seorang istri yang bijak adalah harta terbaik laki-laki.”

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • ini apa
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube